Widget HTML Atas

Modul Pembelajaran Kimia SMA Kelas X, XI dan XII

alon Guru berbagi file Modul Pembelajaran Kimia SMA Kelas X Modul Pembelajaran Kimia SMA Kelas X, XI dan XIIModul Pembelajaran Kimia SMA Kelas X, XI dan XII yang dikeluarkan secara resmi oleh Direktorat SMA, Direktorat Jenderal PAUD, DIKDAS dan DIKMEN pada tahun 2020 untuk mendukung proses Pembelajaran Jarak Jauh selama masa pandemi COVID-19 atau proses pembelajaran tatap muka secara langsung.

Modul ini diharapakan dapat membantu kegiatan proses belajar yang dilakukan secara jarak jauh dan mudah-mudahan mengurangi beban guru atau beban siswa dalam menentukan bahan belajar secara mandiri atau secara berkelompok

Pengertian Modul dari beberapa ahli antara lain, Modul merupakan bahan ajar yang disusun secara sistematis dengan bahasa yang mudah dipahami oleh siswa, sesuai usia dan tingkat pengetahuan mereka agar mereka dapat belajar secara mandiri dengan bimbingan minimal dari pendidik (Andi Prastowo, 2012: 106).

Modul adalah bagian kesatuan belajar yang terencana yang dirancang untuk membantu siswa secara individual dalam mencapai tujuan belajarnya (Sukiman, 2011: 131).

Modul merupakan suatu paket program yang disusun dan didesain sedemikian rupa untuk kepentingan belajar siswa. Pendekatan dalam pembelajaran modul menggunakan pengalaman siswa (Rudi Susilana dan Cepi Riyana, 2008: 14).

Penggunaan modul dalam pembelajaran bertujuan agar siswa dapat belajar mandiri tanpa atau dengan minimal dari guru. Di dalam pembelajaran, guru hanya sebagai fasilitator.

Berdasarkan pendapat-pendapat di atas terdapat hal-hal penting dalam mendefinisikan modul yaitu bahan belajar mandiri, membantu siswa menguasai tujuan belajarnya, dan paket program yang disusun dan didesain sedemikian rupa untuk kepentingan belajar siswa. Atau dapat disimpulkan bahwa modul merupakan paket program yang disusun dan didesain sedemikian rupa sebagai bahan belajar mandiri untuk membantu siswa menguasai tujuan belajarnya. Oleh karena itu, siswa dapat belajar sesuai dengan kecepatannya masing-masing 

Download Modul Pembelajaran Kimia

No comments for "Modul Pembelajaran Kimia SMA Kelas X, XI dan XII"